Sabtu, 31 Oktober 2009

Muhammad saw. Penutup Para Nabi (16)




*         Wafat Rasulullah saw.
Setelah sekitar dua setengah bulan sekembalinya dari menunaikan ibadah haji, Rasulullah saw. mulai sakit yang bertambah parah dari hari ke hari. Dan ketika sudah tidak mampu mengimami jamaah salat, beliau meminta Abu Bakar As Siddiq untuk mengimami jamaah.
Pada hari Senin, tanggal 12 Rabi'ul Awal, tahun 11 Hijriah, Rasulullah saw. telah berpindah ke rafiqul a'la (kekasih yang paling tinggi) dalam usianya yang genap enam puluh tiga tahun. Berita menunggalnya Rasulullah saw. sampai ke para sahabat, hingga hampir-hampir mereka kehilangan semangatnya dan tidak membenarkan berita ini, sehingga Abu Bakar berdiri di hadapan mereka menyampaikan pidato untuk menenangkan mereka dan menjelaskan kepada mereka bahwa Rasulullah saw. adalah manusia dan beliau mati sebagaimana semua manusia akan mati. Maka barulah semua orang tenang, kemudian Rasulullah saw. dimandikan, dikafani dan dimakamkan di dalam kamar istrinya, Aisyah ra.
Rasulullah saw. hidup di Makkah selama empat puluh tahun sebelum nubuwwah (pengangkatan sebagai Nabi), tiga belas tahun setelah nubuwwah dan hidup di Madinah selama sepuluh tahun setelah nubuwwah.
 Setelah wafat Rasulullah saw. kaum muslimin berkumpul untuk memilin Abu Bakar As Siddiq sebagai Khalifah (pemimpin) bagi kaum muslimin dan ini sebagai khalifah pertama dari khulafaur rasyidin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar