Sabtu, 31 Oktober 2009

Muhammad saw. Penutup Para Nabi (17)




*         Sifat-sifat lahiriah Rasulullah saw.
Adalah Rasulullah saw. orang yang sangat bersahaja, tidak tinggi dan tidak pula pendek, lebar kedua bahunya, lapang dada dan beranggouta tubuh yang teramat ideal. Beliau berwajah yang paling tampan di antara manusia, putih kemarah-merahan kulitnya, bulat wajahnya, bercelak kedua matanya, mancung hidungnya, bagus bibirnya, lebat jenggotnya, harum baunya dan lembut sentuhannya.
Anas bin Malik berkata: Aku tak pernan mencium minyak ambar, tidak pula minyak misik, bahkan tidak sesuatu pun yang lebih harum dari pada bau Rasulullah saw. Aku juga sama sekali tidak pernah menyentuh tangan siapapun yang lebih lembut sentuhannya dari pada tangan Rasulullah saw.
Beliau berwajar ceria, selalu tersenyum, merdu suaranya dan sedikit pembicaraannya. Anas bin Malik berkata: Rasulullah saw. adalah orang yang paling bagus, paling dermawan dan paling pemberani.
*         Akhlaq Rasulullah saw.
Adalah Rasulullah saw. orang yang paling pemberani. Ali bin Abu Thalib berkata: Ketika bencana telah memuncak, maka kami mengkhawatirkan Rasulullah saw. Beliau adalah orang yang paling dermawan, sama sekali tak pernah berkata: "Tidak" jika dimintai sesuatu. Beliau adalah orang yang paling sabar, tak pernah membalas dendam untuk dirinya sendiri dan tidak pula marah untuknya kecuali jika aturan-aturan Allah dilanggar. Jadi, beliau membalas dendam itu untuk Allah sebagaimana yang dekat dan yang jauh, yang kuat dan yang lemah baginya di dalam kebenaran itu sama.
Sungguh, beliau tidak mengunggulkan seseorang atas seseorang yang lain kecuali dengan takwanya, sebab sesungguhnya manusia itu sama dan faktor penyebab kehancuran bangsa-bangsa terdahulu adalah jika orang yang berkedudukan mencuri, maka mereka membiarkannya dan jika orang yang lemah mencuri, maka mereka menghukumnya. Beliau bersabda: "Demi Allah, seandainya Fatimah, putri saya mencuri, sunggu aku potong tangannya".
Beliau sama sekali tidak pernah mencela makanan. Jika beliau menginginkannya, maka beliau memakannya dan jika tidak menginginkannya, maka beliau meninggalkannya. Pernah datang pada keluarga Muhammad sebualan, dua bulan di mana tak ada api menyala di rumahnya, sedangkan yang ada hanyalah kurma dan air. Beliau juga pernah mengganjal perutnya dengan sebuah, dua buah batu untuk menahan lapar. Beliau juga menambal sandalnya, menjahit pakaiannya dan membantu keluarganya dalam pekerjaan rumah. Beliau jiga menjenguk orang sakit. Beliau adalah orang yang paling ber-tawadhu', berkenan menghadiri undangan orang kaya ataupun orang miskin, orang rendahan ataupun orang terhormat, mencintai orang miskin, menyaksikan jenazah, tidak angkut terhadap orang miskin lantaran kemiskinannya dan tidak pula takut kepada raja karena kekuasaannya. Beliau berkenan naik kuda, onta, khimar dan bighal.
Beliau adalah orang yang banyak senyum, orang yang paling bagus, orang yang paling banyak dilandan kesedihan dan cobaan, orang yang mencintai harum-haruman dan membenci bau yang tidak sedap. Sungguh Allah swt. telah menghimpun di dalam diri beliau akhlak yang sempurna dan prilaku yang baik. Allah juga telah memberi beliau ilmu yang tak pernah diberikan kepada seorang pun dari orang-orang terdahulu maupun orang-orang terkini. Beliau adalah orang yang ummi, tidak bisa membaca dan tidak pula menulis, tidak berguru kepada seorang pun, sedangkan Al Qur-an ini dating dari Allah swt. yang telah berfirman kepada beliau: "…….. " (QS. Al Isra: 88).
 Perkembangan beliau secara ummi ini untuk memotong jalan orang-orang yang mendustakan bahwa beliau menulis Al Qur-an, mempelajarinya atau membacanya dari sumber-sumber terdahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar